Kenapa ikan lele sakit ?

Ini pertanyaan yang seringkali kita hadapi jika bergerak di usaha perikanan. Berbagai faktor penyebab ikan lele sakit, seperti faktor cuaca, pakan, kualitas bibit lele dan inkonsisten dalam melaksanakan SOP terhadap perawatan ikan.

Apa penyebab utama ikan lele sakit?

Berdasarkan pengalaman DAFUFARM, sumber permasalahan utama ikan lele sakit adalah adalah kualitas Rumah /lingkungan ikan “AIR”. Air adalah sumber kehidupan dan rumah bagi ikan, mulai dari makan, kotoran dan tempat mereka hidup bercampur aduk.

Kualitas air yang buruk terindikasi dari nafsu ikan lele makan berkurang, air berbau pekat. Jika dibiarkan, kondisi ikan lele akan menjadi kurang fit dan jika tidak segera ditangani ikan lele masih ketahap sakit dan harus segera diobati.

Kita telusuri lebih dalam terkait indikasi nafsu makan menurun, dikarenakan kadar oksigen terlarut dalam air berkurang akibat terjadi pengikatan oksigen oleh Amoniak/nitrit dari akumulasi sisa kotoran.

Oksigen yang berkurang akan  memacu pertumbuhan anaerob yang merugikan dan menjangkiti ikan lele.

Penyakit yang biasa ditemui dan ditenggarai oleh Bakteri Aeromonas, Bakteri Vibrio dengan ciri khas pada ikan lele,  perut kembung, insang berdarah. Sirip berdarah dan warna kulit pucat dan berenang lambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.