Standar Prosedur Operasi (SOP) Pembenihan Lele DAFUFARM

Standarisasi Prosedur & Kualitas Benih Lele DAFUFARM

Asal Usul Indukan Lele

Faktor utama keberhasilan Perikanan Budidaya Lele adalah mendapatkan sumber benih lele yang berkualitas dan jelas strain keturunannya. Untuk memenuhi target standar Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) berdasarkan peraturan menteri sesuai dengan PERMEN Kelautan & Perikanan RI No.35/PERMEN-KP/2016, salah satunya penyediaan kualitas indukan bersertifikat dengan strain keturunan indukan yang jelas.

DAFUFARM selalu mengunakan indukan yang memiliki surat keterangan Asal (SKA) dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Salabintana Sukabumi dengan Indukan Jantan AFRIKA (AF1) SKA No. 1283/BBPBAT/PB.120/VII/2017 dan Indukan Betina Sangkuriang (SK) SKA No. 1282/BBPBAT/PB.120/VII/2017. Mengunakan teknik Hibridarisasi melalui persilangan 2 (dua) jenis varietas indukan lele tersebut menghasilkan Benih Lele Sangkuriang 2 Hibrida.

Benih lele yang dipasarkan DAFUFARM adalah hasil pemijahan sendiri dan bisa dipertanggungjawabkan melalui GARANSI yang melekat pada setiap benih lele yang dikeluarkan.

Manajemen Pengelolaan dan Pemeliharaan Benih Lele

Berdasarkan standar prosedur & protokol Pembenihan Lele DAFUFARM No.001/SOP-DF/II/2015 diperbaharui No.008/SOP-DF/I/2019 meliputi standar pemeliharaan indukan lele, pola perlakuan/treatment pemberian pakan alami dan buatan, standar perawatan dan manajemen kualitas air, standar pembersihan media pembenihan dengan bio security yang selalu di kontrol dan ramah lingkungan.

Standar prosedur & kualitas adalah gabungan dari berbagai referensi dengan pengalaman yang kami jalankan dan disesuaikan dengan kontur serta cuaca di lokasi usaha DAFUFARM dan selalu diperbaharui (revisi) sesuai dengan kondisi dan tantangan yang dihadapi. 

Vaksinasi Anti Bakteri AEROMONAS Hydrophila

Benih lele yang dikeluarkan atau dipasarkan DAFUFARM sudah melewati vaksinasi dengan Serum Caprivac AERO-L untuk memberikan imunisasi alami terhadap penyakit Bakteri AEROMONAS Hydrophila sehingga mengurangi resiko kematian pada media-media budidaya petani Perikanan Budidaya.

Penyortiran Benih Lele (Grading)

Penyotiran benih lele dimulai dari umur 10 hari setelah burayak makan perdana dan akan terus dilakukan penyortiran setiap 10 hari s.d benih lele dipasarkan sesuai dengan ukuran, proses penyortiran harus rutin dilakukan selain agar ukuran benih lele lebih merata sehingga dapat mempertahankan kuantitas dan jumlah ikan, tetapi dengan penyortiran dan pemindahan media pendederan dapat memutus rantai penyakit sehingga pertumbuhan benih lele lebih maksimal.

Penyortiran dengan mengunakan alat sortir sesuai dengan masing-masing ukuran mulai dari umur 10 hari mengunakan alat sortir benih <1cm, 1-2 cm, 2-3 cm, 3-4 cm, 4-5 cm, 5-6 cm, 6-7 cm, 7-8 cm, 8-9 cm, 9-10 cm. Alat-alat sortir tersebut diperuntukan dan disesuaikan dengan kondisi umur benih lele.

Penyortiran benih lele yang akan dipasarkan biasanya ukuran 4-5 cm, 5-6 cm, 7-8 cm, 8-9 cm, 9-10 cm. Dengan tingkat grading yang rapat untuk setiap ukuran akan didapat benih lele yang lebih merata dan perhitungan (count) jumlah dan sampling lele lebih akurat sehingga hasil panen lebih akurat serta mengurangi resiko kanibalisme di media-media petani budidaya lele.

Pengepakan (packaging) & Pengiriman 

Pengepakan & pengiriman benih lele tergantung ukuran yang dipesan, bisa mengunakan kantong plastik yang berisi oksigen bisa juga dengan mengunakan drum. Hal yang penting dalam pengepakan & pengiriman adalah terkait dengan lokasi-lokasi petani perikanan budiaya.

Berdasarkan Standar prosedur pengiriman DAFUFARM, untuk pengiriman wilayah dengan durasi perjalanan maksimum 5 jam bisa mengunakan kantong plastik dengan air yang dilarutkan Vitamin Anti Stress (BOSTER Stress Off) dengan jumlah benih lele setiap kantong disesuaikan dengan ukuran benih lele yang akan dikirim.

Untuk perjalanan lintas provinsi atau yang lebih jauh bisa mengunakan drum plastik yang diberi Aerator dengan air yang dilarutkan mengunakan suplemen energi instan (BOSTER Protec Plus) dengan pengantian air setelah 6-7 perjalanan (disesuaikan dengan jarak lokasi DAFUFARM dengan lokasi petani perikanan budidaya).

/df

Recent Comment

  • Peternakan Lele Sangkuriang DAFUFARM | DAFUFARM Catfish Hatchery June 2, 2019

    […] Standar prosedur & protokol Pembenihan Lele DAFUFARM No.001/SOP-DF/II/2015 diperbaharui No.008/SOP-DF/I/2019 meliputi tata cara pemeliharaan indukan lele, perlakuan/treatment pemberian pakan alami dan buatan, manajemen kualitas air, sterilisasi dan bio security, penyortiran dan pengiriman. […]

Comments are closed.