Usaha Ternak Lele Dengan Siklus Rotasi Panen

Dalam merencanakan usaha ternak lele untuk segmen perikanan budidaya pembesaran lele dengan mengunakan siklus rotasi panen yang menjadikan acuan pertama adalah berapa Target Panen yang ingin dicapai.

DAFUFARM berasumsi, anda telah memiliki modal dasar utama usaha ternak lele yakni telah memahami teknik dasar ternak lele untuk pemula (baca : Ternak Lele untuk Pemula) dan siap untuk melakukan pengembangan usaha.

Panduan Perencanaan Usaha Ternak Lele Dengan Siklus Rotasi Panen

Target Market

Hal yang terpenting dalam kesiapan anda untuk melakukan pengembangan usaha ternak lele adalah MARKET. Pengembangan usaha tanpa mengukur pasar yang akan menampung hasil panen akan berujung kerugian dalam usaha.

Untuk itu, Dalam mendesain siklus rotasi panen dibutuhkan target panen yang akan diharapkan. Target panen ini disesuaikan dengan target pasar yang mampu disiapkan.

Misalkan dalam pembelajaran ini, kita asumsikan anda akan panen 1 ton/bulan dengan sistem rotasi panen.

Persiapan Infrastruktur & Dukungan Usaha

Kata kuncinya, target panen yang anda harapkan 1 ton/bulan. Infrastruktur & dukungan usaha apa yang harus disiapkan? sistim apa yang digunakan ? Struktur kolamnya seperti apa?

Untuk pembelajaran ini, kita akan mengunakan struktur kolam bundar ukuran Diameter 4 meter, selain lebih bersih dan teratur, manajemen perawatan airnya juga lebih mudah dan dapat dilakukan pada lahan sempit yang kurang akses air sungai.

Ukuran BibitDurasi Panen + Dwelling TimeDia. 3 meterDia. 4 meterDia. 5 meter
7 – 8 cm3 bulan3.000 ekor4.500 ekor6.000 ekor

Kita akan fokus membahas tentang Usaha Ternak Lele pada Kolam Bundar dengan spesifikasi :

Ukuran Kolam : Diameter 4 meter; Kapasitas optimal tebar bibit bele : 4.500 ekor ukuran 7-8 cm untuk siklus panen : 1 ton /bulan

Untuk kapasitas 4.500 ekor bibit 7-8 cm dalam masa panen 2.5 bulan dapat menghasilkan bobot massa daging predksi rata-rata mendapatkan 440 kg dengan faktor resiko kematian 10%

Konsumsi pakan (FCR) jika perbandingan 1 : 1 sekitar 15 karung dengan pembagian pelet CP 781-2 (8 karung) dan CP 781 Polos (7 karung). Standar FCR pada bibit lele sangkuriang 2 hibrida 1: 0.7 sehingga kemungkinan ada pengurangan jumlah pakan jika manajemen pakan dan perawatan baik dan optimal serta pemilihan bibit lele yang berkualitas

Jika kesulitan untuk mencari bibit lele berkualitas silahkan hubungi kami DAFUFARM (orderJual Bibit Lele Sangkuriang di Depok) atau kunjungi lokasi kami di Google Map : (share locationDAFUFARM Catfish Hatchery)

Menghitung prediksi jumlah kolam untuk target 1 ton/ bulan

Panjang 1 siklus di asumsikan 3 bulan dengan rincian : penyiapan media air awal 2 minggu dan durasi pertumbuhan ikan 2.5 bulan. Prediksi panen 1 kolam : 440 kg sehingga untuk mendapatkan 1 ton dibutuhkan 3 kolam diameter 4 meter

Bagaimana siklus untuk target 1 bulan ?

Untuk 1 ton/bulan membutuhkan 3 kolam maka jumlah kolam yang dibutuhkan untuk mengoperasikan siklus per bulan adalah 12 kolam bundar diameter 4.

Lakukan perencanaan pembelian rutin bibit lele yang dikirim 13.500 ekor per bulan untuk mengisi 3 kolam. Siklus akan berotasi pada bulan ke-3 dari saat bibit pertama masuk

Sistem Usaha Ternak Lele apa yang anda akan rencanakan ?

Banyak metode dan sistem ternak lele mulai dari sistem penguraian dan perawatan air (Biofloc, RWS, BOSTER) atau mengunakan sistem RAS (Resirculating Aquaculture System) atau disebut juga sistem resirkulasi yang bisa diaplikasikan dengan filter ataupun dikombinasikan dengan tanaman sayur Aquaponik.

Penyiapan lahan dan Infrastruktur Pendukung

Dari ukuran, dan jumlah kolam yang menjadi target usaha ternak lele dibutuhkan luas lahan minimum 700 – 1.000 m2 dengan tata letak dan infrastruktur lainnya

Faktor air menjadi sangat penting dalam usaha ternak lele, jika tidak ada sumber air dari sungai dengan kualitas baik. Maka untuk mencukup kebutuhan air bisa membuat 1 atau 2 titik sumur bor air tanah pada titik tertentu.

Menyiapkan ABK Usaha Ternak Lele

Cari ABK atau Anak Buah Kolam yang kompeten dan jujur, karena kunci usaha ini berhasil adalah dari tim yang jujur. 2 atau 3 orang ABK sudah cukup untuk menjalani usaha ini, 2 orang ABK buruh dan 1 orang ABK yang kompeten sebagai penanggungjawab usaha.

Perjanjian Kerjasama dengan Pihak Calon Pembeli

Step terakhir dan menjadi sekaligus langkah awal yang harus segera difikirkan. Kemana hasil panen ini nantinya dijual ?

Sebelum usaha ini berjalan, anda harus petakan dulu calon calon pembeli hasil panen ini dan mengajak untuk bekerjasama, banyak kok yang butuh lele konsumsi karena memang pasokan daging lele masih sangat kurang untuk konsumen.

Jika anda masih kekurangan pihak calon pembeli, DAFUFARM akan berbagi kontak pengepul jika dibutuhkan. dan doakan saja UKM pengolahan lele segera beroperasi sehingga produksi daging lele bisa kami ambil dengan harga yang lebih layak.

Motivasi Usaha

Dalam bisnis memang semuanya harus terukur dan kalau belum terukur, coba deh fikirkan bagaimana sesuatu itu bisa terukur. setelah semua bisa terukur walaupun dengan prediksi-prediksi. Rasakan secara inner visual tentang target 1 ton per bulan dengan usaha ternak lele ini.

Yang harus anda lakukan; mulailah segera buat siteplan dan rencana yang akan dicapai dan action serta paralel untuk mencari pihak-pihak calon pembeli hasil panen nantinya.

Kesimpulan

Jumlah Kolam bunder Dia. 4 meter : 12 buah

Jumlah Bibit lele Tebar 13.500 ekor per bulan (3 kolam) atau @4.500 ekor per kolam

Luas Tanah yang disediakan : 700 s.d 1.000 m2

Siklus berotasi pada bulan ke-3 dengan Panen min. 1 ton/bulan

/end /df

PS. Artikel Sederhana ini dibuat untuk Mba Anastasia serta Anda-anda yang ingin melakukan pengembangan usaha ternak lele. Jika Anda masih ragu dalam memulai, silahkan silaturahmi ke lokasi DAFUFARM, inshallah akan dijelaskan dengan detil sebagai bagian kami untuk kemajuan Perikanan Indonesia.

Disclaimer. Artikel diatas ditulis atas pengalaman DAFUFARM dengan berbagai referensi yang dilakukan. Jika prediksi dan asumsi tidak sesuai dengan yang diharapkan. DAFUFARM berlepas diri dengan hal tersebut.

Related Posts

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! That�s great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before it�s published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>